nasrani bukan kristen

Post Reply
eltsaddik
Site Admin
Posts: 977
Joined: Sun Feb 17, 2019 12:17 pm

nasrani bukan kristen

Post by eltsaddik » Wed Jul 27, 2022 1:18 am

Act 11:26 Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.
1Pe 4:16 sebaliknya, jika menderita sebagai orang Kristen, biarlah dia tidak menjadi malu, melainkan biarlah dia mempermuliakan Tuhan dalam hal ini.
Act_26:28 Jawab Agripa: "Hampir-hampir saja kauyakinkan aku menjadi orang Kristen!"
Rom_16:7 Salam kepada Andronikus dan Yunias, saudara-saudaraku sebangsa, yang pernah dipenjarakan bersama-sama dengan aku, yaitu orang-orang yang terpandang di antara para rasul dan yang telah menjadi Kristen sebelum aku.
1Co_9:5 Tidakkah kami mempunyai hak untuk membawa seorang isteri Kristen, dalam perjalanan kami, seperti yang dilakukan rasul-rasul lain dan saudara-saudara Tuhan dan Kefas?
2Co_12:2 Aku tahu tentang seorang Kristen; empat belas tahun yang lampau--entah di dalam tubuh, aku tidak tahu, entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya--orang itu tiba-tiba diangkat ke tingkat yang ketiga dari sorga.

https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43046/
Historisitas kata Nasrani menunjukkan adanya dua pendapat yang masyhur mengenai asal-usul kata Nasrani, yakni Ans}a>r Allah (penolong Allah) dan Kota Nazareth. Berbeda dengan kota Nazareth yang kerap kali disebutkan, singgungan relasi Ans}a>r Allah dan Nasrani memiliki porsi lebih sedikit dalam beberapa literatur. Dengan menggunakan semantik Toshihiko Izutsu, penulis akan menganalisis tentang makna dasar dari kata Nasrani. Analisis selanjutnya merupakan analisis sintagmatik dan paradigmatik mengenai bagaimana sejatinya Nasrani dijelaskan dalam al-Qur’an, apakah benar adanya relasi antara Nasrani dan Ans }a>r Allah. Analisis selanjutnya akan membahas mengenai dinamika perkembangan kata Nasrani melalaui pencarian makna sinkronik dan diakronik. Analisis ini diperlukan melihat adanya perbedaan pendapat mengenai padanan kata Nasrani yang kini lebih umum digunakan yakni Kristen. Nasrani dalam al-Qur’an disebutkan secara implisit dan eksplisit. Ayat-ayat yang menjelaskan Nasrani secara eksplisit menggunakan beberapa kata, diantaranya yakni nas}a>ra>, nas}ra>ni>, h}awa>riyyu>n, ahl al-kita>b, dan ahl al-inji>l. Variasi kata di atas disebutkan sebanyak 48 kali dalam al-Qur’an. Sedangkan penyebutan Nasrani secara implisit dalam al-Qur’an terdapat dalam beberapa ayat yang menyinggung persoalan keyakinan Nasrani. seperti halnya ayat yang membahas tentang s \a>lis \u s \ala>s \ah (tiga dari yang tiga). Selain itu al-Qur’an menggunakan tiga macam konteks ayat ketika menyinggung Nasrani, yakni ayat bernada positif, negatif, dan netral. Nasrani dalam al-Qur’an. Penelitian mengenai Nasrani ini merupakan penelitian yang berbasis pada kepustakaan (library research), dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kata Nasrani lebih merujuk pada kata Nazareth, yakni sebuah kota yang merupakan tempat dilahirkannya Nabi Isa dan darinya Nabi Isa mendapat julukan Isa an-Na>s}iri >. Melalui analisis sintagmatik penulis menemukan bahwa kata Nasrani memiliki makna dasar orang-orang dari Nazareth. Dalam menganalisis makna relasional Nasrani ditemukan bahwa kata-kata kunci yang meliputi Nasrani dalam al-Qur’an adalah Qissi >si>n, Ruhba>n, Yahu>di, Isa>, H{awa>riyyu>n, Inji>l, Ahl al-Kita>b, dan S|a>lis \u S|ala>s \ah. Analisis sinkronik dan diakronik kata Nasrani menjelaskan bahwa pada masa pra Qur’anik kata Nasrani lebih mengacu pada para pengikut Nabi Isa dan Injil, mendekati periode Qur’anik Nasrani lebih mengacu pada para golongan yang mengikuti Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Pada masa pasca Qur’anik Nasrani terbagi menjadi beberapa golongan dan sekte, golongan tiga terbesar adalah Gereja Kristen Ortodoks, Gereja Kristen Katolik, dan Gereja Kristen Prostestan. Weltanscahuung terhadap kata Nasrani dalam al-Qur’an merujuk pada konsep karakterisitik para pengikut Nabi Isa yang dijelaskan dalam dua ranah teologi dan sosial. Dalam ranah teologi dijelaskan bahwa Nasrani merupakan sekelompok kaum yang mulanya mengikuti ajaran Nabi Isa, namun sepeninggal Isa Nasrani banyak melencengkan ajaran-ajaran Isa.
Attachments
nasrani_dalam_quran.png
nasrani_dalam_quran.png (238.99 KiB) Viewed 1282 times

eltsaddik
Site Admin
Posts: 977
Joined: Sun Feb 17, 2019 12:17 pm

Re: nasrani bukan kristen

Post by eltsaddik » Wed Jul 27, 2022 1:24 am

https://www.republika.co.id/berita/qh29 ... -akan-rela

"Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: "Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)". Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu." (QS Al-Baqarah [2]: 120).

Tafsir terhadap ayat di atas banyak dikemukakan ulama klasik ataupun kontemporer. Di antara tafsir atas ayat tersebut sebagaimana disampaikan Syekh Abdurrahman bin Nashir As-Sa'di dan dalam kitab tafsirnya. Dia menjelaskan demikian:

Makna kata:

{ مِلَّتَهُمۡۗ } millatahum : Agama yang mereka anut, baik Yahudi atau Nasrani.

{ قُلۡ إِنَّ هُدَى ٱللَّهِ } qul inna hudallahi: al-Huda maknanya ada petunjuk, yang dimaksud di sini adalah agama Islam yang mana Allah turunkan kitab-Nya dan mengutus rasul-Nya. Bukan ajaran dan ritual yang dibuat-buat oleh kaum Yahudi dan Nasrani itu.

{ مِن وَلِيّٖ وَلَا نَصِيرٍ } min waliyyin walaa nashiir : al-Waliy maknanya adalah orang yang mengurusi urusan anda, sedangkan an-Nashiir adalah orang yang melindungi anda dari gangguan.

Makna ayat:

Ayat-ayat ini masih membicarakan mengenai ahli kitab dengan menyingkap aib-aib yang mereka miliki, serta mengajak mereka kepada petunjuk, andai saja mereka memang menginginkannya.

Pada ayat 120 ini Allah SWT memberitahukan kepada Rasul-Nya dan umat yang mengikutinya, bahwa orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan pernah ridha kepada mereka sampai orang-orang muslim mengikuti agama Yahudi atau Nasrani.

Pada ayat ini disebutkan larangan agar tidak mengikuti mereka (Yahudi dan Nasrani), kemudian Allah SWT memerintahkan rasul-Nya agar memberitahukan umatnya bahwa hidayah yang sesungguhnya adalah hidayah milik Allah, yaitu agama Islam dan bukan agama Yahudi atau Nasrani.
Attachments
republika_dilarang_ikut_yahudi.png
republika_dilarang_ikut_yahudi.png (328.01 KiB) Viewed 1280 times

eltsaddik
Site Admin
Posts: 977
Joined: Sun Feb 17, 2019 12:17 pm

Re: nasrani bukan kristen

Post by eltsaddik » Wed Jul 27, 2022 1:26 am

https://www.kompasiana.com/althaf/54ff7 ... m-al-quran

nasrani beriman kepada Quran, kristen tidak beriman kepada Quran
Attachments
nasrani_beriman_pada_quran.png
nasrani_beriman_pada_quran.png (447.74 KiB) Viewed 1280 times

eltsaddik
Site Admin
Posts: 977
Joined: Sun Feb 17, 2019 12:17 pm

Re: nasrani bukan kristen

Post by eltsaddik » Wed Jul 27, 2022 1:38 am

https://www.republika.co.id/berita/qhms ... uhan-ada-3

trinitas NASRANI
REPUBLIKA.CO.ID, Islam sebagai akidah yang terakhir datang di bumi ini jelas menjadi satu-satunya agama mengedepankan tauhid yang menganggap Allah SWT hanya satu tanpa

perantara atau bentuk yang lain. Ini jelas dinyatakan dalam Alquran Surat Al Maidah ayat 73:
لَّقَدْ كَفَرَ ٱلَّذِينَ قَالُوٓا۟ إِنَّ ٱللَّهَ ثَالِثُ ثَلَٰثَةٍ ۘ وَمَا مِنْ إِلَٰهٍ إِلَّآ إِلَٰهٌ وَٰحِدٌ ۚ وَإِن لَّمْ يَنتَهُوا۟ عَمَّا يَقُولُونَ لَيَمَسَّنَّ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ مِنْهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

“Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: "Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga", padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir diantara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.”

Dikutip dari laman Tafsirweb.com, Sabtu (3/10), ada beberapa mufassir yang mencoba menerangkan makna dan maksud kandungan ayat ini.

Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah karya Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syekh Prof Dr Imad Zuhair Hafidz, professor Fakultas Alquran Universitas Islam Madinah menjelaskan:

لَّقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوٓا۟ إِنَّ اللهَ ثَالِثُ ثَلٰثَةٍ ۘ

(Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: “Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga”) Yang dimaksud dengan yang tiga adalah Allah, Isa, dan Maryam. Pendapat lain mengatakan yang dimaksud adalah tiga oknum: oknum bapa, oknum anak, dan oknum ruhul qudus.
Attachments
trinitas_nasrani.png
trinitas_nasrani.png (360.34 KiB) Viewed 1280 times

eltsaddik
Site Admin
Posts: 977
Joined: Sun Feb 17, 2019 12:17 pm

Re: nasrani bukan kristen

Post by eltsaddik » Wed Jul 27, 2022 1:40 am

https://muslim.or.id/10995-batilnya-kon ... hrani.html

Apa itu Doktrin Trinitas?
Di dalam kamus kitab muqoddas, trinitas didefinisikan sebagai berikut: beriman pada Tuhan yang satu Bapa, anak (Yesus Kristu) dan Roh Kudus, Tuhan yang satu, zat yang satu pula, dan kesemunya adalah sama dalam hal kekuasaan, kekuatan dan kemulyaan.

Penting untuk diketahui bahwa doktrin trinitas bukanlah ajaran asli Nashrani, karena ajaran asli Nashrani adalah ajaran tauhid yang dibawa oleh Nabi Isa ‘alaihis salam yang menyeru bani Israel untuk beribadah hanya kepada Allah semata dan tidak menyekutukannya, sama seperti ajaran yang dibawa oleh para Nabi dan Rasul sebelumnya.

Masuknya konsep trinitas ke dalam agama Nashrani berasal dari “ajaran paganism” yang telah ada pada saat itu baik di barat maupun di timur, dan tidak bisa dipungkiri pula bahwa ajaran filsafat yunani pagan juga memiliki andil dalam merusak kemurnian agama Nashrani.

Adapun secara resmi trinitas menjadi doktrin Nashrani secara bertahap jauh setelah masa Isa ‘alaihis salam, dimulai dari konsili nicea pertama pada tahun 325 M, yang diadakan untuk menyelesaikan perpecahan di antara kaum Nashrani sendiri tentang hakikat Yesus kristus, apakan ia hanya seorang Rasul (utusan Allah) ataukah memiliki sifat ketuhanan. Dan akhirnya konsili ini memutuskan bahwa Yesus bukanlah ciptaan melainkan memiliki substansi yang sama dengan Tuhan Bapa, kemudian beberapa tahun setelahnya tepatnya tahun 381 M diadakan konsili konstatinopel pertama, di sana salah satu keputusannya adalah Roh kudus juga memiliki substansi ketuhanan, nah dengan ini maka lengkaplah ajaran trinitas kristiani, Tuhan bapa, anak dan roh kudus. Sehingga kesimpulannya adalah Yesus Kristus dan Roh kudus diangkat menjadi Tuhan berdasarkan hasil musyawarah di antara para pembesar agama Nashrani.
Attachments
konsili_nikea.png
konsili_nikea.png (232.55 KiB) Viewed 1279 times

Post Reply

Return to “Islam vs Kristen”