Sejarah Nama Yeshua

kata adalah perwujudan gagasan, asal usul kata perlu diketahui supaya gagasan yang diwakili kata menjadi jelas, tidak ambigu
Post Reply
eltsaddik
Site Admin
Posts: 977
Joined: Sun Feb 17, 2019 12:17 pm

Sejarah Nama Yeshua

Post by eltsaddik » Tue Nov 30, 2021 12:58 am

Sebelum era Kohen Ezra
1Tw_24:11 yang kesembilan kepada Yesua; yang kesepuluh kepada Shekanya;
https://biblehub.com/interlinear/1_chronicles/24-11.htm
2Tw_31:15 Dan di samping tangannya, ada Eden, dan Minyamin, dan Yesua, dan Semaya, dan Amarya, dan Sekhanya, di dalam kota-kota para kohen, dengan setia memberi kepada saudara mereka menurut bagiannya, dari dewasa sampai kepada anak-anak;

Sejak era Kohen Ezra
Ezr_2:2 yang datang bersama-sama Zerubbabel: Yesua, Nehemiah, Seraya, Reelaya, Mordekhai, Bilsan, Mispar, Bigwai, Rehum, Baana. Inilah jumlah pria-pria orang Israel:
Ezr_2:6 Keturunan Pahat-Moab, yaitu keturunan Yesua dan Yoab, dua ribu delapan ratus dua belas orang.
Ezr_2:36 Para kohen: Keturunan Yedaya, yakni keluarga Yesua, sembilan ratus tujuh puluh tiga orang;
Ezr_2:40 Orang-orang Lewi: Keturunan Yesua dan Kadmiel, dari keturunan Hodawya, tujuh puluh empat orang.
Ezr_3:2 Lalu berdirilah Yesua anak Yozadak dan saudara-saudaranya para kohen, dan Zerubbabel anak Shealtiel, dan saudara-saudaranya, dan membangun mezbah Tuhan Israel supaya mempersembahkan persembahan bakaran di atasnya, sebagaimana tertulis dalam torah Mosheh, abdi Tuhan.
Ezr_3:8 Dan pada tahun yang kedua sesudah kedatangan mereka di bait Tuhan di Yerushalayim, pada bulan yang kedua, Zerubbabel anak Shealtiel dan Yesua anak Yozadak beserta saudara-saudara mereka yang lain, yakni para kohen dan orang-orang Lewi, dan semua orang yang pulang ke Yerushalayim dari tempat penawanan untuk memulainya. Dan mereka menempatkan orang-orang Lewi dari yang berumur dua puluh tahun ke atas untuk mengawasi pekerjaan bait YHWH.
Ezr_3:9 Lalu berdirilah Yesua, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, Kadmiel dan anak-anaknya, yaitu keturunan Yehudah seperti yang lain, untuk melakukan pengawasan terhadap yang mengerjakan pekerjaan di bait Tuhan; keturunan Henadad, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, orang-orang Lewi.
Ezr_4:3 Tetapi Zerubbabel dan Yesua dan selebihnya dari para kepala leluhur Israel, berkata kepada mereka, "Ini bukan urusanmu tetapi urusan kami untuk membangun rumah bagi Tuhan kami. Dan kami sendiri akan membangun bagi YHWH, Tuhan Israel, sebagaimana Raja Koresh, yaitu raja Persia telah memerintahkan kepada kami.
Ezr_5:2 Kemudian bangkitlah Zerubbabel anak Shealtiel, dan Yesua anak Yozadak, dan mulai membangun bait Tuhan yang ada di Yerushalayim. Dan bersama mereka para nabi Tuhan membantunya.
Ezr_8:33 Dan pada hari yang keempat, perak, dan emas serta perkakas-perkakas itu ditimbang di bait Tuhan kami, di bawah pengawasan Meremot anak Kohen Uriyah. Dan bersama dia Elea'zar anak Pinehas, dan bersama mereka Yozabad anak Yesua, dan Noaja anak Binui, orang-orang Lewi.
Ezr_10:18 Dan di antara keturunan kohen yang didapati tinggal bersama wanita-wanita asing: Dari keturunan Yesua anak Yozadak, dengan saudara-saudaranya: Maaseya dan Eliezer, dan Yarib, dan Gedalya.
Neh_3:19 Dan di sampingnya, Ezer anak Yesua, penguasa Mizpa, memperbaiki bagian yang kedua, di depan pendakian ke gudang senjata, di sudut.
Neh_7:7 Yang datang bersama-sama Zerubbabel, Yesua, Nehemiah, Azarya, Raamya, Nahamani, Mordekhai, Bilsan, Misperet, Bigwai, Nehum, dan Baana; jumlah orang-orang dari bangsa Israel:
Neh_7:11 keturunan Pahat-Moab: yakni keturunan Yesua anak Yoab: dua ribu delapan ratus delapan belas orang;
Neh_7:39 Inilah para kohen: keturunan Yedaya: yakni kaum keluarga Yesua: sembilan ratus tujuh puluh tiga orang;
Neh_7:43 Inilah orang-orang Lewi: keturunan Yesua, yakni keturunan Kadmiel dan keturunan Hodewa: tujuh puluh empat orang.
Neh_8:7 Dan Yesua, dan Bani, dan Serebya, Yamin, Akub, Sabetai, Hodia, Maaseya, Kelita, Azarya, Yozabad, dan Hanan, Pelaya, dan orang Lewi, memberikan pengertian kepada umat tentang torah itu, ketika orang-orang itu berdiri di tempatnya.
Neh_9:4 Dan berdirilah orang-orang Lewi di atas tangga: Yesua, Bani, Kadmiel, Sebanya, Buni, Serebya, Bani, Kenani, dan mereka berseru dengan suara nyaring kepada YHWH, Tuhan mereka.
Neh_9:5 Dan orang-orang Lewi: Yesua dan Kadmiel, Bani, Hasabneya, Serebya, Hodia, Sebanya, Petahya, berkata, "Bangkitlah, berkatilah YHWH, Tuhanmu, dari selamanya sampai selamanya, dan biarlah mereka memberkati Nama mulia-Mu, yang ditinggikan di atas segala berkat dan puji-pujian.
Neh_10:9 Dan dari orang-orang Lewi: Yesua anak Azanya, Binui, seorang dari anak-anak Henadad, Kadmiel.
Neh_11:26 di Yesua, di Molada dan Bet-Pelet,
Neh_12:1 Dan inilah para kohen dan orang-orang Lewi yang berangkat pulang bersama-sama Zerubbabel anak Shealtiel, dan Yesua: Seraya, YirmeYahu, Ezra,
Neh_12:7 Salu, Amok, Hilkia dan Yedaya. Itulah kepala-kepala para kohen dan saudara-saudara mereka pada zaman Yesua.
Neh_12:8 Dari orang-orang Lewi: Yesua, Binui, Kadmiel, Serebya, Yehudah dan Mattanya. Mattanya adalah pemimpin nyanyian syukur; ia dan saudara-saudaranya,
Neh_12:10 Yesua memperanakkan Yoyakim, dan Yoyakim memperanakkan Elyasib, dan Elyasib memperanakkan Yoyada,
Neh_12:24 Dan para kepala orang Lewi: Hasabya, Serebya, dan Yesua anak Kadmiel, dan saudara-saudara mereka di hadapan mereka untuk memuji, untuk memimpin pujian oleh perintah Dawid, abdi Tuhan itu, ibadah demi ibadah.
Neh_12:26 Inilah mereka pada zaman Yoyakim anak Yesua anak Yozadak, dan pada zaman Gubernur Nehemiah dan Kohen Ezra, ahli kitab.
Luk_3:29 anak Yesua, anak Eliezer, anak Yorim, anak Matat, anak Lewi,

eltsaddik
Site Admin
Posts: 977
Joined: Sun Feb 17, 2019 12:17 pm

Re: Sejarah Nama Yeshua

Post by eltsaddik » Wed Dec 01, 2021 1:13 am

https://biblehub.com/hebrew/3442.htm

YeShuA=YeHoShuA
kenapa sama? krn YeShuA merupakan singkatan dari YeHoShua
1. larangan rabbi utk menggunakan kombinasi huruf YH untuk nama manusia, maupun angka
Attachments
nama_yeshua.jpg
nama_yeshua.jpg (24.16 KiB) Viewed 1725 times

eltsaddik
Site Admin
Posts: 977
Joined: Sun Feb 17, 2019 12:17 pm

Re: Sejarah Nama Yeshua

Post by eltsaddik » Wed Dec 01, 2021 1:17 am

larangan rabbi di talmud
Referensi Talmud:
Perintah Talmud berupa larangan mengucapkan nama YHWH:
Mishna: Sota 7:6
Within the Temple, the Tetragrammaton is pronounced as it is written, while outsidethe Temple a substitute name is recited, (terj: di dalam bait suci, tetragrammaton
diucapkan sesuai dengan apa yang tertulis, sedangkan di luar bait suci nama
penggantilah yang harus diucapkan)

https://www.sefaria.org/Mishnah_Sotah.7.6?lang=bi

In the Temple, the priest utters the name of God as it is written in the Torah, i.e., the Tetragrammaton, and in the country they use its substitute name of Lordship.
Mishna – Tamid 7:2, Babylonian Talmud – Tamid 33
“In the temple they pronounced the Divine Name AS IT IS WRITTEN, but in the
country by its substitute.” (terj: sda)

https://www.chabad.org/library/article_ ... s-Name.htm
You really called us out on this one. We Jews have an absolute obsession with avoiding uttering G‑d’s name. (Notice that we don’t even spell it out fully when writing the English word for G‑d. See: Why Don’t You Spell G‑d’s Name?) Actually, we are careful not to pronounce G‑d’s names except when reading the Torah or prayers.
Our caution is founded on an understanding of the third of the Ten Commandments, “You shall not take His name in vain.” Although this verse is classically interpreted as referring to a senseless oath using G‑d’s name, the avoidance of saying G‑d’s name extends to all expressions, except prayer and Torah study. In the words of Maimonides, the great Jewish codifier:

It is not only a false oath that is forbidden. Instead, it is forbidden to mention even one of the names designated for G‑d in vain, although one does not take an oath. For the verse commands us, saying: “To fear the glorious and awesome name.”1 Included in fearing it is not to mention it in vain.

Therefore if because of a slip of the tongue, one mentions [G‑d’s] name in vain, he should immediately hurry to praise, glorify and venerate it, so that it will not have been mentioned in vain. What is implied? If he mentions G‑d’s name, he should say: “Blessed be He for all eternity,” “He is great and exceedingly praiseworthy,” or the like, so that it will not have been [mentioned entirely] in vain.2

Considering the awe with which we are meant to approach G‑d and His names, the verses in the Prophets which speak of making G‑d’s name known are not referring to His actual name. Rather, the prophet is saying that the Jewish people should let the world know about G‑d’s existence, how He is Creator of the world and constantly supervising and recreating every living thing.
Attachments
mishna_sota_7_6.jpg
mishna_sota_7_6.jpg (67.83 KiB) Viewed 1725 times

eltsaddik
Site Admin
Posts: 977
Joined: Sun Feb 17, 2019 12:17 pm

Re: Sejarah Nama Yeshua

Post by eltsaddik » Wed Dec 01, 2021 1:25 am

Ezra menulis Yeshua sedang Hagai menulis Yehoshua

Ezr 5:2 ET2021
(2) Kemudian bangkitlah Zerubbabel anak Shealtiel, dan Yeshua anak Yozadak, dan mulai membangun bait Tuhan yang ada di Yerushalayim. Dan bersama mereka para nabi Tuhan membantunya.

Hag 1:12 Kemudian Zerubbabel anak Shealtiel, dan Yehoshua anak Kohen Besar Yozadak, serta semua sisa bangsa itu, menaati suara YHWH, Tuhan mereka, dan perkataan Nabi Hagai, karena YHWH, Tuhan mereka, telah mengutusnya. Dan bangsa itu gentar di hadapan YHWH.

eltsaddik
Site Admin
Posts: 977
Joined: Sun Feb 17, 2019 12:17 pm

Re: Sejarah Nama Yeshua

Post by eltsaddik » Wed Dec 01, 2021 1:37 am

selain itu kata YESH punya makna mirip dengan HAYAH kalau berdiri sendiri
walau bukan ibrani kuno
jadi seakan turunan atau padanan kata HAYAH
https://biblehub.com/hebrew/3426.htm
Attachments
yesh.jpg
yesh.jpg (43.42 KiB) Viewed 1721 times

Post Reply

Return to “Etimologi Kata”